Sabtu, 02 November 2013

Materi Biologi Kelas XI - Organ Pada Tumbuhan

Bismillahirrahmannirrahim
Teman-teman, pada postinganku kali ini, aku akan membahas tentang organ-organ yang terdapat pada tumbuhan. Pertama-tama aku ingin bertanya nih sama kalian. Kalian tau gak sih apa yang dimaksud dengan ORGAN?? Yappp seratus!! Organ ialah sekumpulan dari beberapa jaringan untuk menjalankan fungsi tertentu.
Sebelum masuk ke bahasan, kita lihat dulu video penjelasannya yg satu ini. Cekidot!
Organ Tumbuhan
Nah, teman-teman tadi sudah lihat kan videonya? Dari video tersebut kita dapat mengetahui, tumbuhan memiliki 3 organ utama, di antaranya:
1. AKAR, berfungsi dalam penyerapan air dan zat hara (mineral). Sebagai penyokong atau pengokoh batang tumbuhan. Sebagai alat pernapasan dan tempat menyimpan cadangan makanan pada beberapa jenis tumbuhan.
Susunan lapisan akar dari luar ke dalam EPIDERMIS (lapisan yang berkembang dari protoderma, selnya berbentuk pipih dan berdinding tipis, berfungsi sebagai penyerap air) –> KORTEKS (terdiri dari sel-sel parenkima yang tersusun melingkar, dan terdapat ruang-ruang antar sel yang berperan dalam pertukaran gas, fungsi korteks ialah sebagai tempat menyimpan cadangan makanan) –> ENDODERMIS (tersusun atas selapis sel yang tebal, yang pada sel mudanya terdapat penebalan diding oleh zat suberin/lignin yang disebut dengan Pita Kaspari yang fungsinya untuk mencegah agar air tidak masuk melintasi dinding sel) –> STELE (yaitu silinder pusat, disini terdapat jaringan pengangkut, yaitu Xilem dan Floem).
รูปภาพ4
2. Batang, berfungsi sebagai penopang tumbuhan agar tetap tegak. Sebagai alat pengangkut air dari akar ke daun. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.Sebagai pengangkut hasil fotosintesis.
Tabel Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil
Monokotil
Dikotil
  • Batang tidak bercabang-cabang
  • Batang bercabang-cabang
  • Pembuluh angkut tersebar
  • Pembuluh angkut teratur dalam susunan lingkaran (radial)
  • Tidak mempunyai kambuim vaskular, sehingga batangnya tidak dapat tumbuh besar
  • Mempunyai kambuim vaskular, sehingga batang dapat tumbuh besar
  • Mempunyai meristem interkalar
  • Tidak mempunyai meristem interkalar
  • Tidak memiliki jari-jari empulur
  • Jari-jari empulur berupa deretan parenkima di antara berkas pengangkut
  • Tidak dapat dibedakan antara daerah korteks dengan empulur
  • Dapat dibedakan antara korteks dan empulur
3. Daun, pada organ ini terjadi proses pemasakan makanan (proses fotosintesis). Sebagai tempat pernapasan pada tumbuhan. Sebagai tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. Pada beberapa tumbuhan berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif (cocor bebek).
jaringan daun mesofil
Gambar diatas adalah gambar struktur daun.
Daun tersusun atas Lapisan Epidermis Atas dan Bawah (yaitu lapisan terluar dari daun,terdapat stomata sebagai tempat keluar masuknya udara) –> Parenkim Palisade (sel-selnya berbentuk memanjang, tersusun rapat, dan banyak mengandung kloroplas)  –> Parenkim Spons (sel-selnya tidak beraturan, tersusun renggang, sedikit mengandung kloroplas) –> Berkas Pengangkut (Xilem dan Floem).
Nah, itu dia 3 Organ utama yang terdapat pada tumbuhan. Kayanya postingannya segini dulu aja yach, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar